Antara Bajaj roda 3 dan Bajaj Qute beroda 4 |
Berita Viral - Jakarta kedatangan penghuni baru bisa juga dengan tren yang baru " maianan baru" di jakarta ini, sosoknya mungil, warna biru dan beroda empat, Bajaj Qute namanya, kendaraan ini bkal jadi penganti bemo si roda tiga
Meski mungil, kendaraan ini di lengkapi empat kursi, kursi di belakang bisa menampung 3 orang dan 2 kursi di depan, saat ini bajaj Qute masih dalam tahap uji coba yang di lakukan sejak 19 Juli 2017 ini bakal berlangsung selama 3 bulan
Angkutan umum ini di klaim lebih aman, nyaman dan ramah lingkungan, penasaran seperti apa kelebihan si roda 4 ini? berikut 6 fakta Bajaj Qute yang di rangkum Liputan6 pasa hari Rabu (26/7/2107)
1. Hanya 17 Unit
Bajaj Qute yang baru beroperasi di Jakarta jumlahnya terbatas, hanya 17 unit. Jumlah kendaraan yang sudah beroperasi ini merupakan kuota para pemilik bemo yang sejak 6 Juli 2017 lalu dilarang beroperasi.
"Kita juga harus fasilitasi mereka (pemilik bemo) untuk tetap berusaha. Sekarang dilaksanakan uji coba 17 ini, itu hanya untuk mengisi kuota pemilik atau pengusaha bemo," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko di Balai Kota Jakarta, 24 Juli 2017.
Sigit menambahkan, selama masa uji coba, bajaj roda empat tidak masuk dalam trayek meskipun dalam kategori angkutan umum. "Angkutan pengganti bemo (APB). Itu masuknya angkutan tidak dalam trayek," imbuh dia. Agen dominoqq
2. Ramah Lingkungan
Untuk sementara, Bajaj Qute ini masih menggunakan bahan bakar bensin. Ke depannya, kendaraan roda empat ini bakal menggunakan bahan bakar ramah lingkungan seperti bajaj roda tiga yang berwarna biru.
"Kita concern terhadap masalah aspek lingkungan, kita minta semua menggunakan bahan bakar gas (BBG). Jadi karena masih gunakan bahan bakar bensin, sehingga sifatnya masih diujicobakan," tutur Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko.
3. Ongkos Murah
Bisa dibilang ongkos untuk menaiki si biru ini lumayan murah. Ongkos yang dikeluarkan per orang untuk trayek Stasiun Kota-Pademangan cuma Rp 5 ribu. Jadi, bila Bajaj Qute mengangkut dua orang untuk satu perjalanan dikenai ongkos Rp 10 ribu.
Sama halnya seperti Bemo, Bajaj Qute ini akan menunggu penumpangnya hingga tempat duduk terisi penuh dengan tiga penumpang di belakang dan satu penumpang di depan. Jika penumpang belum mencapai empat orang, maka sopir enggan beranjak.
Sistem pembayaran masih menggunakan uang tunai. Rencananya, Pemprov DKI bersama Organda akan menerapkan mekanisme pembayaran yang ideal, setelah bajaj roda empat beroperasi.
Dewan Pimpinan Unit Organda Angkutan Lingkungan DKI, Petrus Tukimin, mengatakan, bajaj ini belum ditetapkan besaran tarifnya, karena belum diatur oleh pemerintah seperti yang dilakukan pada kendaraan roda tiga. Jadi sementara, ongkosnya disamakan dulu dengan bemo.
"Jadi kalau karena belum diatur pemerintah sama kayak roda tiga, bayarnya bisa suka sama suka lalu tawar-menawar harga," ucap Petrus.
4. Tanpa Getar, Tanpa Asap
Berbeda dari bajaj roda tiga, desain Bajaj Qute yang mungil mirip dengan mobil pada umumnya. Kecepatan kendaraan ini hanya mencapai 70 kilometer per jam. Bensin yang dihabiskan cukup irit, yaitu 1 liter per 36 kilometer.
Selain tidak berisik, emisi yang dikeluarkan Bajaj Qute tidak seperti bemo. Tidak ada asap yang mengebul dari kendaraan tersebut. Saat berjalan pun tidak ada getaran berlebihan di dalam Bajaj Qute ini.
"Semoga saja pemerintah makin banyakin kendaraan kayak gini. Selain murah juga nyaman. Enggak kayak yang dulu berisik dan asap di mana-mana," tutur seorang penumpang Bajaj Qute, Buyung. Bandar poker
5. Trayek Terbatas
Bila sudah menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, wilayah operasi bajaj tersebut tidak hanya di utara Jakarta, tapi seperti bajaj roda tiga lain. Yakni, di ruas jalan yang boleh dilewati angkutan lingkungan atau jalan arteri, bukan jalan protokol.
"Karena bajaj adalah angkutan lingkungan tentu saja area operasinya hanya di ruas jalan yang boleh dilintasi oleh angkutan lingkungan saja," ujar Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko.
6. Cicilan 2,8 Juta
Untuk memiliki armada baru ini, setiap mantan pengemudi bemo harus menukarkan bemo lamanya dan membayar Rp 10 juta. Angsuran yang dikenakan setiap bulan Rp 2,8 juta selama tiga tahun.
Namun, dari segi sumber daya manusianya, belum ada perubahan. Pengemudi bajaj masih harus diedukasi untuk mematuhi peraturan lalu lintas.
Baca juga Berita lain nya :
RAIH KEMENANGAN BERSAMA PELANGI4D
ReplyDeletePartner Terbaik Untuk Judi Online !!!
Daftar >>>> www.pelangi4d.com
http://wikipelangi88.blogspot.com/2017/07/4-batu-dari-tembok-berin-yang.html
http://wikipelangi88.blogspot.com/2017/07/ketika-djarot-tiru-kemarahan-ahok-soal.html
http://wikipelangi88.blogspot.com/2017/07/djarot-air-mancur-menari-di-monas-hasil.html
http://newspelangi4d.blogspot.com/2017/07/jangan-lupakan-orangnya-jika-kamu-tidak.html
http://infopelangi4d.blogspot.com/2017/07/sepatu-neymar-seharga-mobil-toyota.html